Wednesday, June 10, 2020

Resensi Novel: Sirkus Pohon


Keceriaan dan Kebijaksanaan dalam Sirkus Pohon
Judul                   : Sirkus Pohon
Penulis              : Andrea Hirata
Penerbit            : PT Bentang Pustaka
ISBN                   : 9786022914099
Jumlah Hlm     : 424
“Saya sangat senang ketika menulis buku ini. Rasanya setiap kali akan berakhir, saya ingin terus menambah lagi dan menambah lagi tulisannya. Saya sedih ketika harus mengakhirinya; tetapi harus, agar teman-teman yang lain bisa membacanya—dan bisa ikut merasakan keceriaannya.”

Kurang lebih, begitulah pernyataan Andrea Hirata ketika karya ke-10-nya yang berjudul Sirkus Pohon ini rilis pada bulan Agustus lalu. Ternyata betul dan terbukti, kesenangan itu telah tersampaikan dengan cara yang begitu seru! Buku ke-10 ini memang betul-betul istimewa. Kamu tak akan berhenti tersenyum di setiap lembarnya ketika membaca.
Buku ini isinya begitu ringan, jumlah kata dalam kalimatnya pendek-pendek, dan jumlah halaman dalam tiap babnya hanya sekitar 3-4 halaman saja. Dalam novel ini Andrea akan membuat kita terbahak-bahak mengikuti kisah orang-orang Melayu di pedalaman Belitong yang lugu, tersedu-sedu oleh kisah cinta yang masygul, atau geleng-geleng kepala oleh intrik-intrik mereka yang luar biasa. Kita akan menemukan manusia-manusia yang tak sempurna, tapi sekaligus menemukan kebijaksanaan dalam diri mereka.
Seperti halnya sirkus yang selalu membawa keceriaan, novel Sirkus Pohon juga begitu menyenangkan. Bukankah dalam hidup kita ini mencari kebahagiaan. Hal ini, berdasarkan penggambaran yang dibuat oleh Andrea Hirata, sangat mungkin kita peroleh dalam sirkus! Semua komplet dan sangat lengkap. Jangan-jangan ketika selesai membacanya nanti, semua orang hendak mendaftarkan diri untuk menjadi anggota sirkus agar mendapatkan keriangan itu.
Membaca buku ini kita akan mengerti banyak hal yang mungkin tak pernah kita ketahui sebagai orang yang tak pernah melihat dari balik layar. Tentang perjuangan, usaha keras, latihan yang disiplin, juga tentang mimpi dan keinginan yang tentu bisa dicapai siapa pun yang berusaha—tak luput dimasukkan sebagai ciri khas pesan tersirat dari tiap karya yang dibuat Andrea. Jadi, selamat membaca ya…

No comments:

Post a Comment