Sunday, November 13, 2016

Sinopsis Si Cebol Rindukan Bulan karya Aman Datuk Madjoindo


Buku ini diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1934. Buku karya Aman Datuk M ini isinya menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Fatimah yang telah mencintai seorang pemuda bernama Didong. Fatimah adalah putra orang kaya namun berhati lembut sedangkan Didong adalah anak orang miskin namun dikenal santun dan baik.

Ayah Fatimah, Sutan Pandeka, mengundang pemuda bangsawan bernama Sutan Ajis untuk bertamu. Sutan Ajis yang sifat serakahnya tak jauh berbeda dengan Sutan Pandeka, menyambut baik maksud perjodohan tersebut hingga frekuensi bertamu ke rumah Sutan Pandeka lebih intense.
Konflik dimulai saat Sutan Ajis mengajak Fatimah dan ayahnya ke Pariaman untuk mengunjungi arak-arakan 10 Muharram. Di perjalanan, Fatimah melihat Didong lalu memanggilnya. Didong pun segera menyusul bendi yang membawa Fatimah menggunakan sepeda. Sekuat tenaga ia mengayuh sepeda hingga akhirnya berhasil juga menemukan Fatimah. Akan tetapi, sesampainya di tempat, Sutan Ajis ketahuan ingin merampas harga diri Fatimah. Didong yang marah memukulnya hingga Sutan Ajis cedera. Sutan Ajis tak mau terima, ia pun mengadukan Didong ke polisi lantas Didong dipenjara.
Peristiwa itu meninggalkan bekas di hati Fatimah dan keluarga Sutan Ajis. Fatimah sakit parah dan orang tua Sutan Ajis tidak mau menerima Fatimah sebagai menantu.

Akhirnya karena sedihnya, Fatimah meninggal. Sepeninggal Fatimah, Didong menjadi gila dan Sutan Pandeka menjadi orang yang kurang waras. 
sumber: Buku sastra Masa Kebangkitan, Soekono Wirjosoedarmo, 1989

No comments:

Post a Comment