Wednesday, November 16, 2016

Sinopsis Syair Silindung Delima Karya Aman Datuk Madjoindo


Buku ini berisi cerita yang disadur oleh Aman Datuk Madjoindo dari cerita ''Asschepoester".
Isinya menceritakan kehidupan seorang gadis cantik bernama Silindung Delima, anak seorang perdana menteri suatu kerajaan. Setelah ibunya meninggal, ayahnya menikah lagi dengan seorang puteri, dan dari perkawinan itu, puteri itu mempunyai dua orang anak puteri. Ibu dan ke saudara berlaku sangat kejam atas diri Silindung Delima. Mereka itu hanya baik hati jika ada ayahnya.
Pada suatu hari ketika ayahnya sedang menjalankan tugas negara, di istana diadakan peramuan besar, karena raja hendak mencarikan jodoh putera mahkotanya yang sudah remaja. Ibu dan kedua saudara tiri Silindung Delima pergi ke pesta itu, sedangkan dia sendiri tidak boleh ikut, walaupun berkeinginan juga menghadiri pesta itu.
Dalam keadaan sedih itu maka atas kehendak Tuhan, dengan perantaraan seorang dewi, Silindung Delima diberi mukjizat menjadi seorang puteri yang cantik dan diberi kelengkapan untuk menghadiri pesta besar itu. Kehadirannya menyebabkan putera mahkota jatuh cinta. Setelah agak malam, Silindung Delima bergegas-gegas pulang, karena takut ketahuan oleh ibu dan kedua saudara tirinya.
Tetapi malang baginya, karena tergesa-gesanya, sebuah kasut hikmahnya tertinggal di halaman istana pada waktu dikejar oleh putera mahkota. Keesokan harinya kasut itu diketemukan, dan kepada menteri istana diperintahkan oleh raja untuk mengumpulkan semua puteri di kerajaan guna mencoba kasut itu. Akhirnya ternyata kasut itu sesuai benar dengan kaki Silindung Delima. Mula-mula putera mahkota tidak mau, karena tidak percaya bahwa orang itu adalah Silindung Delima yang pernah datang ke istana.

Tetapi setelah Tuhan menurunkan mukjizatnya lagi dengan jalan menghadirkan seorang dayang menerangkan bahwa puteri itu betul-betul Silindung barulah putera mahkota itu mau menerima Silindung menjadi isterinya.

No comments:

Post a Comment