Sunday, November 13, 2016

Sinopsis Roman Rusmala Dewi karya Aman Datuk Madjoindo

(Penulis: Aman Datuk Madjoindo)
Buku ini digubah oleh Aman Datuk Madjoindo berdasarkan ide cerita seorang kenalannya berasal dari Jawa bernama S. Harjosumarto, dan diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932.
Isinya menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Rusmala Dewi, anak Sutan Syair Alam, yang sejak kecil tinggal di Tanjungpinang. Orang tuanya sebenarnya berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Sejak di Sekolah Dasar Rusmala Dewi dan kedua orang tuanya merasa berhutang budi kepada anak Raden Mundingsari bernama Suparno, teman sekolahnya di Tanjungpinang. Kemudian Rusmala Dewi bersama-sama pula dengan Suparno melanjutkan ke Sekolah Menengah di Jakarta, dan keduanya saling mencintai.
Pada waktu duduk di kelas III, ibu Rusmala Dewi meninggal di Tanjungpinang, sehingga Rusmala Dewi tidak dapat melanjutkan sekolahnya. Tak lama kemudian Sutan Syair Alam terpaksa membawa Rusmala Dewi ke Bukittinggi, dan di sana oleh keluarganya Rusmala Dewi dipaksa menikah dengan Bakhtiar, anak mamaknya sendiri yang bernama Datuk Perpatih.
Tak lama kemudian Bakhtiar terpaksa bercerai dengan Rusmala Dewi karena Rusmala Dewi tidak mencintainya. Karena tidak tahan akan godaan pemuda-pemuda lain di Bukittinggi, Rusmala Dewi terpaksa kembali ke Tanjungpinang. Tetapi malang pula baginya, karena di Tanjungpinang hampir pula ia binasa kena guna-guna seorang pemuda bangsawan kaya bernama Mahmud. Ia lalu minta pindah ke Jawa, dan di Surabaya ia bertemu kembali dengan kekasihnya, yakni Suparno, yang telah bernama Raden S. Suryobroto.

Pada akhir buku ini diceritakan bahwa Rusmala Dewi menikah dengan Suparno, sedangkan Sutan Syair Alam, ayah Rusmala Dewi, menikah dengan Raden Nganten Mundingsari, ibu Suparno yang telah menjadi janda.
sumber: Buku sastra Masa Kebangkitan, Soekono Wirjosoedarmo, 1989

No comments:

Post a Comment