Sunday, November 20, 2016

Resensi Novel Supernova 6: Inteligensia Embun Pagi

Jawaban serial supernova

Judul                         : Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi
Penulis                     : Dewi (Dee) Lestari
Penerbit                   : Bentang Pustaka
Tahun terbit           : 2016
Jumlah halaman   : 698
Perkiraan harga    : Rp 88.500
Anda penggemar Dee Lestari yang terkenal dengan Novel berserinya bertitel Supernova? Jika tidak, maka sebaiknya pertimbangkan dengan benar karyanya yang super hebat dari deretan novel sekuel Supernova 1, 2, 3, 4, 5, bahkan yang sekarang sedang hotnews adalah seri 6. Novel dengan ide cerita unik dan bahasa ilmuis menjadi ciri tersendiri dari karya penulis yang juga pernah menjadi seorang penyanyi tersebut.
            Inteligensi Embun  pagi (Judul Supernova 6) lahir 15 tahun setelah supernova 1 dimulai. Ini adalah penyatuan dari seri 1-5. Sekadar info, Supernova 1 berjudul Kesatria, Puteri, dan bintang jatuh, Supernova 2: Akar, Supernova 3: Petir, Supernova 4: Partikel, dan Supernova 5: Gelombang. Semua sistem yang terasa aneh di supernova 1 terkuak dan jadi terasa nyata. Bukan hanya itu, hal-hal sepele di seri-seri sebelumnya ternyata ada artinya dan itu penting. Tokoh-tokoh ‘meaningless’ dan cuma jadi pemanis cerita, punya peran. Supernova adalah penyatuan konsep sains serta religi namun dibawakan secara fiksi.            Setelah mendapat petunjuk dari upacara Ayahuasca di Lembah Suci Urubamba, Gio berangkat ke Indonesia. Di Jakarta, dia menemui Dimas dan Reuben. Bersama, mereka berusaha menelusuri identitas orang di balik Supernova. Di Bandung, pertemuan Bodhi dan Elektra mulai memicu ingatan mereka berdua tentang tempat bernama Asko. Sedangkan Zarah, yang pulang ke desa Batu Luhur setelah sekian lama melanglangbuana, kembali berhadapan dengan misteri hilangnya Firas, ayahnya.
Sementara itu, dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Jakarta, teman seperjalanan Alfa yang bernama Kell mengungkapkan sesuatu yang tidak terduga. Dari berbagai lokasi yang berbeda, keterhubungan antara mereka perlahan terkuak. Identitas dan misi mereka akhirnya semakin jelas. Hidup mereka takkan pernah sama lagi.
Untuk yang penasaran, sebelum baca supernova 6, lebih enaknya baca yang seri sebelumnya karena novel ini saling bersambungan.


No comments:

Post a Comment